Connect with us

Informasi

West Papua (Papua Barat) Polemik Isu  Vanuatu Yang Ingin Bergabung

West Papua (Papua Barat) Polemik Isu  Vanuatu Yang Ingin Bergabung. West papua atau Papua Barat saat ini memiliki polemik tentang isu dari wilayah Vanuatu yang ingin bergabung bersama Republik Indonesia (RI). Dimana, mengenai isu ini sering sekali menjadi sebuah perbincangan yang sangat viral di Sosial Media, dan mendapatkan  kritikan dari para perwakilan Indonesia yang bergabung di PBB. Untuk mengatasi permasalahan ini, aparatur RI meminta bantuan dari komisaris Hak Asasi Manusia PBB.

Alhasil, dari beberapa pendapat akurat yang disampaikan oleh perwakilan HAM tersebut, menyatakan, jika negara Vanuatu tidak memiliki rasa malu, karena sudah ikut serta dalam urusan politik yang terdapat di Papua Barat. Perwakilan Indonesia menyebut Vanuatu telah melakukan Shameful atau hal memalukan, serta bersifat pura-pura tahu mengenai situasi Indonesia (Ignorant Country), sehingga ini melanggar Hukum aturan yang berlaku.

west Papua

west Papua

Fakta Alasan Vanuatu Menyerang West Papua

Bukti fakta di lapangan yang menunjukkan, jika West Papua telah menyerang Papua adalah karena negara kecil yang terletak di wilayah Samudera Pasifik ini.  Untuk bisa memanfaatkan kesempatan yang banyak untuk bisa berbicara secara terbuka di sidang majelis umum PBB yang telah berlangsung sejak tahun 2006. Pernyataan dari Vanuatu tersebut menyimpulkan jika Vanuatu menyatakan secara terbuka, jika Vanutau tidak pmelanggar prinsip-prinsip PBB.

Selanjutnya, fakta dari alasan kedua lainnya, Vanuatu melakukan penyerangan terhadap Papua barat adalah. Karena Vanuatu ingin kembali melakukan secara tugas untuk mengangkat kembali isu-isu diplomatik yang membuat Vanuatu menjadi tersingkir di PBB. Sehingga ini menjadi permasalahan bagi Papua Barat, untuk memberikan latar kepedulian di bidang HAM  yang mendukung jalannya separatisme.

Kebijakan Pemerintah Dalam Mengatasi Vanuatu

Agar permasalahan yang menimpat west Papua ini berjalan terus – menerus, maka disinilah pemerintah kemudian melakukan kebijakan yang bijaksana. Yaitu dengan cara meningkatkan kembali peningkatan fungsi kedaulatan HAM. Atau Hak Asasi Manusia yang dimiliki oleh masyarakat di Papua bagian barat. Dimana, semua itu, harus disesuaikan dengan KTHAM PBB, yang dipimpin oleh United Liberation Movement for West Papua (ULMWP).

Indonesia akan melakukan konsolidasi secara terbuka bersama dengan Vanuatu di  meja persidangan PBB. Agar keduanya saling terbuka, dan semua keselarasan yang ada di setiap perbincangan publik agar terealisasikan di sidang umum terbuka. Dengan demikian, ini akan memberikan kepada Indonesia untuk mendapatkan keadilan yang bijaksana dan kemerdekaan yang selaras. Lalu, ini juga akan menjadi jalan bagi Indonesia terbebas dari kolonialisme.

Alhasil, dari konsolidasi yang dilakukan secara berkelompok tersebut itulah. Kemudian Indonesia berhasil dalam menyukseskan papua barat berhasil membuat kebijakan di tahun 1969. Dengan menggelar sebuah pepera atau Penentuan Pendapat Rakyat yang dibuat dalam ketentuan sebagai momentum penting bagi seluruh wilayah Papua Barat. Agar bisa terhindar dari pemboikotan yang dilakukan Vanuatu.

Demikianlah informasi akurat dan terpercaya mengenai polemik West  papua dan Vanuatu yang pada akhirnya, memberikan keselamatan bagi negara Indonesia. Agar tetap mempertahankan keutuhan secara menyeluruh menjadi negara yang utuh dan bersatu. Semenjak terjadi kesepakatan itulah, kekerabatan antara Vanuatu dan Papua Barat saling menyuarakan dengan dukungan yag tidak akan berhenti. Untuk saling menghormati diantara keduanya.